Ukuran Utama Kapal

A. Penjelasan Panjang Kapal



  1. LOA (length over all) adalah panjang keseluruhan dari kapal yang diukur dari ujung buritan sampai ujung haluan.
  2. LBP ( length between perpendicular) adalah jarak antara garis tegak buritan dan garis tegak haluan yang diukur pada garis air muat.
  3. LWL (length on the waterline) adalah jarak garis muat, yang diukur dari titik potong dengan linggi haluan sampai titik potong dengan linggi buritan diukur pada bagian luar linggi depan dan linggi belakang


B. Penjelasan Lebar Kapal


  1. BWL (breadth at the waterline) adalah lebar terbesar kapal yang diukur pada garis air muat. 
  2. B (breadth) adalah jarak mendatar gading tengah kapal yang diukur pada bagian luar gading.
  3. H adalah jarak tegak dari garis dasar sampai garis geladak yang terendah.
  4. T (draught) adalah jarak tegak dari garis dasar sampai pada garis air muat.
  5. Lambung timbul adalah jarak vertikal antara garis air yang diijinkan dan sisi atas geladak pada tepi geladak tengah kapal

C. Istilah Lain Dalam Ukuran Kapal




  1. AP (After Perpendicular) adalah garis tegak buritan adalah garis tegak yang terletak pada sisi belakang sterpost atau bila tidak ada sternpost, FP terletak pada sumbu poros kemudi.
  2. FP (Forward Perpendicular) adalah garis tegak haluan adalah garis tegak vertikal yang melalui interseksi antara garis air muat/garis air perencanaan /DWL dan sisi dalam linggi haluan
  3. Tengah kapal (Midship) adalah titik tengah antara garis tegak haluan/FP dan garis tegak buritan/AP
  4. Midship section adalah station/section pada tengah kapal/Amidship
  5. Titik lunas (Keel Point)  adalah titik yang terletak pada tengah kapal/amidship, pada Garis tengah/Centre line dan sisi atas Lunas/keel
  6. Molded Base Line adalah garis horizontal yang melalui keel point, garis ini digunakan sebagai garis referensi perhitungan hidrostatik
  7. Sheer adalah kelengkungan horizontal geladak kapal, diukur dari perbedaan tinggi berbagai posisi dan tinggi pada tengah kapal, pada umumnya sheer bagian depan lebih tinggi dibanding bagian belakang, desain kapal modern pada saat ini banyak kapal yang tidak memiliki sheer
  8. Camber adalah kelengkungan transversal geladak kapal, diukur dari perbedaan antara tinggi bagian tengah kapal dan tinggi pada sisi kapal
  9. Rise of Floor adalah kemiringan pelat dasar kapal diukur secara transversal pada amidship dan Bmld
  10. Tumble home adalah lengkungan kedalam pada sisi tengah kapal
  11. Centreline plane/Middle line plane adalah bidang tengah adalah bidang vertical pada garis tengah/ centreline yang membagi kapal secara simetri
  12. Water plane adalah bidang garis air adalah bidang yang dibatasi oleh garis air

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Kapal Tipe A dan B

Perbedaan LWT dan DWT

Tonase Kapal